oleh

Teka-teki calon pengganti Idham Azis

-NEWS-4 views

Bersaing.com – Teka-teki calon pengganti Idham Azis yang hendak pensiun pada 1 Februari 2021 kesimpulannya terkuak. Awal mulanya, Komisi Kepolisian Nasional( Kompolnas) menyerahkan 5 nama komisaris jenderal ataupun perwira besar polisi berbintang 3 kepada Presiden Joko Widodo. Nama- nama calon kapolri yang direkomendasikan kepada Presiden Joko Widodo itu sudah lewat proses penyaringan oleh Kompolnas.

Kelimanya terdiri dari Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Tubuh Nasional Penanggulangan Terorisme( BNPT) Komjen Boy Rafli Amar. Kemudian, Komjen Listyo, Kepala Lembaga Pembelajaran serta Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, serta Kepala Tubuh Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

Opsi Jokowi Dengan hak prerogatifnya bagaikan presiden, Jokowi setelah itu memilah Listyo Sigit bagaikan calon tunggal kapolri. Nama Listyo juga telah diserahkan presiden ke DPR pada Rabu( 13/ 1/ 2021) buat diproses. Bermacam pertimbangan Jokowi memilah Listyo di informasikan oleh Tenaga Pakar Utama Kantor Staf Presiden( KSP) Donny Gahral Adian.” Ya pasti saja seluruh persyaratan resmi dipadati. Tidak hanya itu pasti saja aspek integritas, kompetensi, profesionalitas,” kata Donny kepada Bersaing. com, Rabu.

Bukan dari hanya hal tersebut, kata Donny, Jokowi pula memikirkan keahlian calon kapolri buat bersinergi dengan para pemangku kepentingan, baik di internal ataupun eksternal pemerintahan. Di sisi lain, Jokowi serta Listyo dikenal telah mempunyai keakraban tadinya. Listyo sempat berprofesi bagaikan Kapolres Surakarta pada tahun 2011, di mana Jokowi kala itu jadi Wali Kota Solo. Setelah itu, sehabis Jokowi terpilih bagaikan presiden pada tahun 2014, Listyo ikut jadi ajudannya.

Arahan Idham Azis setelah Komjen Listyo terpilih bagaikan calon kapolri, Idham Azis mengajak jajarannya menunjang dan mendukung Listyo sampai dilantik nantinya.” Aku mengajak kepada rekan- rekan seluruh buat bergandeng tangan membagikan sokongan kepada calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo,” ucap Idham dalam keterangannya, Kamis( 14/ 1/ 2021).” Sehingga proses penerapan rangkaian bugat and proper test yang hendak dilaksanakan minggu depan hingga dengan pelantikan Ayah Kapolri Baru dapat berjalan dengan sukses serta mudah dan tidak menemui hambatan apa juga,” kata ia.

Idham juga berharap jajarannya senantiasa solid buat menunjang keputusan Presiden Jokowi. Dia memohon jajarannya meyakini kalau keputusan Jokowi memilah Listyo tentu telah lewat bermacam pertimbangan yang matang.” Aku berharap kita seluruh senantiasa solid, bersatu serta menunjang apa yang jadi kebijakan Ayah Presiden RI selaku pimpinan paling tinggi Polri buat kita laksanakan serta amankan,” tutur Idham.

Tantangan satukan internal Bagi pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies( ISESS) Bambang Rukminto, statment Idham Azis tersebut menampilkan internal Polri tidak solid sehabis pemilihan Listyo. Bambang berpandangan, mencuat kegusaran di internal Polri sehabis pemilihan Listyo. Sebabnya, Listyo yang ialah lulusan Perguruan Kepolisian tahun 1991 bakal“ melompati” sebagian angkatan seniornya.

Dia juga memperhitungkan perihal itu jadi tantangan untuk Listyo apabila terpilih nantinya buat menyatukan internal Korps Bhayangkara.” Bukan semata- mata menyatukan kelompok yang terdapat saja, namun menyatukan dalam satu visi membangun pondasi buat masa depan Polri. Apakah Polri cuma hendak jadi penjaga kepentingan rezim, ataupun kepentingan negeri?,” ucap Bambang kala dihubungi Bersaing. com, Jumat( 15/ 1/ 2021). Bambang berharap Listyo bisa melaksanakan terobosan berbentuk pergantian kebijakan di internal Polri apabila terpilih.

Dalam penerapannya, bagi ia, idealisme Listyo juga hendak diuji.” Tantangannya merupakan tarikan- tarikan yang kokoh dari bermacam kepentingan serta faksi- faksi di internal. Serta di mari integritas serta idealisme Pak Listyo hendak diuji, sanggup tidak menahan godaan- godaan itu,” tutur ia dalam pemberitaan media pers berita terbaru hari ini mengenai Teka-teki calon pengganti Idham Azis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed