oleh

Pengacara Habib Rizieq Shihab Ajukan Praperadilan

-NEWS-0 views

Pengacara Habib Rizieq Shihab Ajukan Praperadilan tentang persoalan Habib Rizieq Shihab. Tim kuasa hukum Habib Rizieq rencananya dapat mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) berita hari ini.

“Untuk masalah Habib Rizieq kami sudah menyelesaikannya ke Praperadilan dari kemarin, namun waktu tidak mengijinkan”. Insyaallah mudah-mudahan hari ini keburu,” kata Sugito Atmo Pawiro Ketua Bantuan Hukum FPI di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (15/12/2020).

Sebelumnya, anggota tim pengacara Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, memberikan dapat mengajukan praperadilan terhadap Senin (14/12) kemarin. Kuasa hukum mengajukan praperadilan tentang sistem penetapan tersangka hingga penahanan Habib Rizieq.

“Rencana praperadilan Habib hari Senin,” kata Aziz Yanuar lewat pesan singkat, Minggu (13/12/2020).

Aziz menghendaki praperadilan ini mampu mengeluarkan Habib Rizieq dari segala ancaman pidana. “Praperadilan soal penetapan tersangka, penahanan, dan penangkapan. Supaya Habib mampu keluar,” tuturnya.

Selain mengajukan upaya praperadilan, Habib Rizieq atau HRS dapat mengajukan permohonan penangguhan penahanan kepada penyidik Polda Metro Jaya.

Pengacara Habib Rizieq Shihab Ajukan Praperadilan Upaya Permohonan Penangguhan

“Upaya permohonan penangguhan,” sebutnya pada pers berita terbaru.

Seperti diketahui, Habib Rizieq ditahan terhadap Minggu (13/12) dini hari. Pimpinan FPI itu ditahan di Rutan Polda Metro Jaya sepanjang 20 hari hingga 31 Desember 2020.

Kasus ini bermula ketika Rizieq Shihab pulang ke Tanah Air terhadap 10 November 2020. Habib Rizieq mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya setiba dirinya kembali dari Arab Saudi di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11).

Kegiatan itu menimbulkan kerumunan bersama jumlah massa yang masif. Karena banyak rekan dan masa sehingga jalan KS Tubun di Jakarta Pusat tertutup, saat itu.

Polisi sesudah itu melaksanakan penyelidikan dan menaikkan persoalan ke bagian penyidikan. Setelah sistem penyidikan, polisi melaksanakan gelar perkara dan memanggil Habib Rizieq sebagai saksi.

Dua kali pemanggilan terhadap Habib Rizieq tidak dipenuhi. Polisi akhirnya menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka.

Pada Sabtu (12/12) Habib Rizieq singgah ke Polda Metro Jaya dan mengaku siap diperiksa sebagai tersangka. Namun polisi menyebut Habib Rizieq menyerahkan diri.

Setelah menekuni pemeriksaan maraton, Habib Rizieq sesudah itu ditahan di Rutan Polda Metro Jaya terhadap Minggu (13/12) dini hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.