oleh

Pemanggilan Habib Rizieq Shihab Terkait Kerumunan Masa

-NEWS-0 views

Pemanggilan Habib Rizieq Shihab Terkait Kerumunan Masa – Polisi hingga kini belum menjadwalkan kontrol pada Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mengenai kerumunan massa pada kegiatan di Petamburan, Tebet, hingga Megamendung. Sementara sejumlah pihak udah dipanggil untuk dimintai keterangan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, polisi laksanakan penyelidikan dugaan pelanggaran protokol kebugaran pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 berturut-turut jadi berasal dari Bandara Soekarno Hatta, Petamburan, hingga ke Megamendung.

“Pemanggilan HRS (Habib Rizieq Shihab) sudah dibuat perencanaannya, itu semuanya adalah kewenangan pihak penyidik. Siapa yang dapat ditunaikan klarifikasi, dimintai info semuanya adalah kewenangan penyidik,” tutur Awi selagi dikonfirmasi tim berita terbaru hari ini, Selasa (24/11/2020).

Sejauh ini, sambung Awi, gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kebugaran Covid-19 di dalam kegiatan Rizieq Shihab itu belum dilakukan. Pasalnya, masih ada sejumlah perihal yang kudu diselidiki lebih lanjut.

“Semua keputusan akan diambil setelah memperoleh hasil dari tim penyidik, apakah melanggar protol kesehatan atau tidak, semua itu dapat ditentukan didalam gelar perkara.
Sebelumnya, penyidik Polda Jabar berencana memanggil Rizieq Shihab untuk diminta klarifikasi mengenai acara peletakan batu pertama masjid di Megamendung yang membuat kerumunan massa di tengah suasana pandemi Covid-19.

habib rizieq shihab

Kombes Erdi A Chaniago selaku Kabid Humas Polda Jabar,  menyatakan kontrol pada Rizieq Syihab mampu ditunaikan beserta ahli pandemiologi. Tujuannya untuk memperjelas acara yang membuat polemik di tengah masyarakat didalam keadaan pandemi Covid-19.

“Nah ini yang dapat kami dalami apakah HRS (Habib Rizieq Syihab) ini sebagai pemilik wilayah tersebut, atau yang perihal diundang. Itu yang dapat didalami, menjadi diinginkan ke depannya (HRS) pasti dapat dipanggil oleh penyidik untuk klarifikasi, menjadi kronologis permasalahannya dapat jelas,” kata dia.

“(Waktunya) menunggu sehabis yang selagi ini dimintai info udah selesai, nanti penyidik dapat gelar perkara apakah mampu dinaikan ke penyidikan atau tidak dicermati berasal dari hasil penyelidikan. Karena penyidik kudu menemukan dua alat buktinya, dan mampu menemukan perbuatan melawan hukumnya niat jahatnya di dalam konteks hukum yah,” pungkasnya.

Merespons rencanya pemanggilan itu, Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyampaikan bahwa FPI belum merima surat pamanggilan pada Habib Rizieq Shihab berasal dari Polda Jabar hingga selagi ini.

“Tidak ada (surat pemanggilan Habib Rizieq),” ujar Aziz selagi dilakukan konfirmasi merdeka.com pada Selasa (24/11/2020).

Termasuk belum diterimanya surat pemanggilan pada ke dua panitia Asep Agus Sofyan dan Imam Daerah FPI Jakarta, Habib Muchsin Alatas yang sempat mangkir tanpa info di dalam kontrol klarifikasi kegiatan ceramah pada Jumat (20/11) lalu.

“Tidak ada surat-surat panggilan itu,” kata Aziz.

Namun misalnya mana pemanggilan pada Rizieq Shihab dan lainnya terlaksana, lanjut Aziz, FPI dapat memberikan pendampingan dan dukungan hukum pada orang-orang yang dipanggil untuk dimintai klarifikasinya.

“Insyaallah (akan memberikan pendampingan),” imbuhnya kepada berita terbaru hari ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed