oleh

KPK Minta Warga Lapor Jika Ada Korupsi Bansos PPKM Darurat

-NEWS-2 views

KPK Minta Warga Lapor Jika Ada Korupsi Bansos PPKM Darurat yang diberikan oleh pemerintah, untuk warga yang menerima bansos juga harus merata. Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ipi Maryati memastikan lembaga antirasuah akan mengawal program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, salah satunya pengawasan terhadap bansos PPKM Darurat. Ipi mengatakan masyarakat dapat melayangkan laporan kepada KPK terkait pelayanan maupun bansos Covid-19. Laporan bisa dilakukan secara daring melalui Jaringan Pencegahan (JAGA) KPK.

“Ada dua fitur pada platform JAGA, yaitu JAGA Bansos Covid-19 dan JAGA Penanganan Covid-19 yang memfasilitasi keluhan dari masyarakat,” kata Ipi dalam keterangannya, Kamis (7/7). Pernyataan Ipi sekaligus menjawab kekhawatiran sejumlah pihak terkait potensi penyelewengan dana bansos Covid-19 selama PPKM Darurat hingga 20 Juli mendatang.

Penyidik KPK tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), Andre Dedy Nainggolan sebelumnya menyebut dana bansos Covid-19 yang diberikan secara tunai, tak menjamin aman dari tindak korupsi. Pernyataan Dedy merujuk 21 juta data ganda penerima bansos yang sempat diungkap lalu ditidurkan Menteri Sosial, Tri Rismaharini Mei lalu. Masalahnya, kata Dedy, ia mempertanyakan apakah data yang akan digunakan kali ini merupakan data termutakhir.

Menjawab hal itu, Ipi mengatakan bahwa masyarakat dapat melaporkan terkait penyelewengan anggaran penanganan Covid-19. Keluhan bisa dilaporkan, baik terkait bantuan sosial maupun pelayanan kesehatan berupa insentif nakes, biaya perawatan pasien, maupun klaim rumah sakit. “Tidak hanya menampung keluhan, masyarakat juga dapat mencari tahu informasi tentang Covid-19 dan informasi terkait lainnya pada menu panduan di platform tersebut,” kata dia.

Nantinya, kata Ipi, laporan masyarakat akan disampaikan ke pemerintah. KPK mengaku terus mendorong pemerintah agar anggaran penanganan pandemi dikelola secara transparan dan akuntabel. “Termasuk di dalamnya bansos untuk masyarakat dikelola secara transparan,” kata dia.

Jangan lupa jika ada kecurigaan tentang dana bansos ini KPK Minta Warga Lapor ke pihak yang berwajib agar dana bansos ini dibagikan secara merata.

Gunakan masker dan ikuti protokol kesehatan saat pengambilan dana bansos.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed