oleh

Ini Ragam Gangguan Pencernaan yang Timbul Usai Sembuh Covid

-NEWS-1 views

Ini Ragam Gangguan Pencernaan yang Timbul Usai Sembuh Covid dan harus diwaspadai dan segera diobati agar tidak menimbulkan efek samping yang lain. Gejala Covid-19 tak hanya dirasakan saat awal infeksi. Beberapa orang bahkan masih merasakan gejala setelah sembuh Covid-19, termasuk masalah pencernaan.

Berikut gejala pencernaan pasca sembuh Covid-19. Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tidak hanya menyerang sistem pernapasan, tapi juga sistem pencernaan. Tidak heran pasien Covid-19 juga mengalami gangguan pencernaan. Kepala Departemen Gastroenterologi Virginia Hospital, dokter David A. Johnson mengatakan masalah pencernaan bisa timbul sebagai gejala lanjutan Covid-19. Gejala lanjutan ini sering juga disebut sebagai long Covid-19, ketika kerja dan fungsi organ terganggu akibat infeksi virus.

Virus SARS-CoV-2 yang menginfeksi hingga saluran cerna mengubah mikrobiota usus sehingga mengganggu kerja sistem pencernaan dan fungsi organ pencernaan. “Masalah pencernaan bisa terjadi setelah sembuh dari Covid-19 karena virus yang sudah menyerang saluran pencernaan membuat kerja sistem pencernaan terganggu,” kata David, seperti dikutip Medscape.

Dokter Rakesh Patel, konsultan gastroenterologi di Rumah Sakit Fortis, India, juga mengingatkan bahwa virus bisa mengganggu fungsi saluran pencernaan termasuk hati, pankreas, dan empedu. “Pasien bahkan dapat berakhir dengan pendarahan di saluran pencernaan atau memiliki gumpalan darah di pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah berkurang [iskemia], dan gangren,” kata Rakesh, seperti dikutip Indian Express.

Sebuah jurnal medis yang diterbitkan The Lancet pada Mei 2021, melaporkan masalah pencernaan tetap dialami pasien yang telah sembuh Covid-19. Gejala sisa atau long Covid-19 ini dirasakan kurang lebih selama 90 hari usai keluar rumah sakit dan dinyatakan negatif Covid-19. Beberapa gejala gangguan pencernaan muncul setelah keluar dari rumah sakit, tapi tidak muncul saat baru terserang virus corona.

Berikut Ini Ragam Gangguan Pencernaan pasca sembuh Covid-19 paling umum yang ditemukan, di antaranya seperti:

  • Pasien kehilangan nafsu makan
  • Mual
  • Muntah
  • Refluks asam lambung
  • Diare
  • Distensi abdomen (perut kembung)
  • Sendawa
  • Sakit perut
  • Buang air besar berdarah
  • Susah buang air besar (konstipasi)

Efek yang ditinggalkan virus Covid-19 membutuhkan perawatan lebih lanjut. Terutama bagi mereka yang sebelumnya menjalani perawatan di intensive unit care (ICU). Sebagaimana dilansir Hello Sehat, pemeriksaan setelah sembuh Covid-19 bisa dilakukan ke dokter spesialis sesuai dengan gejala yang dirasa. Jika merasakan masalah pencernaan, maka bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam Pemeriksaan menyeluruh oleh tenaga medis mungkin dibutuhkan sebelum melakukan pengobatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed