oleh

Banjir di Jakarta Hari Ini Menggenangi Ratusan RT

-NEWS-1 views

Banjir di Jakarta Hari Ini Menggenangi Ratusan RT hingga Ruas Jalan Jakarta hari ini, Sabtu (20/2/2/2021).

Banjir disebabkan hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Sabtu dini hari.

Tidak hanya menggenangi pemukiman, banjir juga menyebabkan sejumlah ruas jalur tergenang, apalagi tidak dapat dilewati kendaraan.

Di sisi lain, posisi ketinggian air di sebagian pintu air terhadap Sabtu pagi tetap menunjukkan siaga 1.

Berikut fakta-fakta banjir di Jakarta hari ini:

  1. Data Jumlah Warga yang Tergenang Banjir
    Menurut information BPBD DKI Jakarta, sampai Sabtu pukul 06.00 WIB, sejumlah wilayah di Jakarta yakni di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat tetap tergenang banjir.Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, memaparkan, sebanyak 29 RW terdampak di Jakarta Selatan, terdiri berasal dari 44 RT, bersama ketinggian 40-150 cm, dan terkandung pengungsi sebanyak 7 KK bersama keseluruhan 19 jiwa.Sementara di Jakarta Timur terkandung 50 RW terdampak, terdiri berasal dari 143 RT, bersama ketinggian 40-180 cm, dan 372 KK bersama keseluruhan 1.361 jiwa sedang mengungsi.

    Dilain tempat kota Jakarta Barat juga tercatat pada berita banjir hari ini bahwa terdapat 4 RW dan 6 RT yang kena banjir.

    “Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT berasal dari keseluruhan 30.470 RT yang terdampak, bersama takaran RT terdampak sebesar 0,633 persen,” kata Sabdo di dalam keterangan tertulis, Sabtu pagi.

    Sementara keseluruhan jumlah pengungsi di semua DKI sebanyak 379 KK bersama keseluruhan 1.380 jiwa.

    BPBD menyampaikan, sejumlah wilayah yang tetap terdampak berikut disebabkan oleh tingginya curah hujan dan luapan Kali Ciliwung, Kali Krukut, dan Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan, dan juga luapan PHB Sulaiman, Kali Sunter, Kali Cipinang di Jakarta Timur.

    “Tidak tersedia korban jiwa di dalam kejadian ini. Kondisi genangan sedang ditangani oleh Dinas Sumber Daya Air, Damkar, dan PPSU Kelurahan yang ditargetkan bakal surut di dalam pas cepat. Kami juga tetap mengerahkan personel untuk memantau suasana di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan,” ujar Sabdo.

  2. Daftar Ruas Jalan yang Tergenang Banjir
    Akibat banjir, sejumlah ruas jalur pun ikut tergenang.
    Dikutip berasal dari Bersaing.com yang mengutip berasal dari account Instagram TMC Polda Metro Jaya, tersedia sebagian ruas jalur yang tergenang bersama ketinggain 20 cm sampai 1 meter.Pertama banjir bersama ketinggian 60 cm-70cm melanda Jalan Raya Perjuangan dan Jalan Pilar Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Untuk pas ini tidak dapat dilewati semua model kendaraan bermotor. Kemudian, banjir dengan ketinggian 20cm-30cm di depan Taman Kota Jl. Daan Mogot Jakarta Barat.Diikuti dengan Tol Cilandak KM 25 juga terkena banjir setinggi 100cm. Akhirnya para pengendara yang naik dari Tol Kampung Rambutan arah ke Bintaro harus turun di pintu tol Lenteng Agung. Selain itu, banjir juga di KM 23 Tol Bitung yang mengarah ke Merak. Jalan Tendean, Jakarta Selatan juga ikut terendam dan lantas lintas dialihkan.

    Kembali ke Jakarta Utara, Banjir juga melanda Mangga Dua Square yang terletak di Jalan Gunung Sahari, ketinggian air yang ada dijalan mencapai 20cm. Masih di Jakarta Utara, Jalan RE Martadinata ikut terendam banjir setinggi 20cm.

    Menuju Jakarta selatan tepatnya di Jalan Terusan Rasuna Said juga tergenang air setinggi 20cm. Jalan Jeruk Purut yang terletak di Jakarta Selatan juga terlihat genangan air yang cukup tinggi sehingga meyebabkan kendaraan beroda dua tidak dapat melintas di jalan tersebut.

    Kemudian banjir setinggi 50cm-60cm di Jalan Wijaya Timur, Petogongan, Jakarta Selatan. Masih di seputaran jakarta selatan, banjir juga melanda Jalan Kemang Raya setinggi 30cm-50cm.

    Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur arah ke Cililitan pun terendam dan konsisten meninggi. Beberapa kendaraan yang ingin melintasi Kolong Tol Cawang menuju arah Tanjung Priuk juga terendam banjir sehingga semua kendaraan dialihkan ke Tol Semangi.

    Stasiun Tanjung Barat yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung dekat juga terendam 30cm-50 cm. Bagi pengguna kendaraan diharapkan tetap berhati-hati, misalnya banjir memadai di dalam maka jangan sampai
    nekat untuk menerobos. Sebab, akibatnya dapat fatal dan mobil atau sepeda motor dapat mogok.

  3. Tiga Pintu Air Siaga 1
    Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta merilis status ketinggian muka air di sejumlah pintu air terhadap Sabtu (20/2/2021) pukul 08.00 WIB. Dikutip berasal dari account Twitter @DinasSDAJakarta, pintu air Pesanggrahan berstatus siaga 3.Pintu air Pesanggrahan ketinggian air mencapai 200 sentimeter, dan cuacanya mendung.
    Siaga 1 untuk pintu air Angke Hulu karena ketinggian air 365 sentimeter dan cuacanya mendung.
    Siaga 4 Pintu air Katulampa, melihat cuaca gerimis, dan ketinggian airnya 60 sentimeter.
    Di Depok ketinggian pintu airnya 165 sentimeter, statusnya siaga 4, dan cuaca mendung. Kemudian, pintu air Manggarai mempunyai ketinggian air 865 sentimeter.Status pintu air Manggarai siaga 2, dan cuacanya mendung.
    Di pintu air Krukut Hulu ketinggian airnya capai 130 sentimeter. Cuaca di pintu air berikut mendung, dan statusnya siaga 4.
    Pintu air Karet berstatus siaga 1, bersama ketinggian air 620 sentimeter, dan cuaca mendung.

    Selanjutnya, di Waduk Pluit ketinggian airnya capai -150 sentimeter.
    Waduk Pluit kini berstatus siaga 4 karena melihat cuaca masih mendung dan harus tetap waspada.
    Berstatus siaga 3 Pintu air Pasar Ikan kali/laut, dan cuacanya mendung tipis. Ketinggian air di pintu air ini capai -160/188 sentimeter.

  4. Jalan TB Simatupang Tak Bisa Dilalui
    Jalan TB Simatupang Jakarta Selatan tak dapat dilewati kendaraan akibat terendam banjir setinggi 150 sentimeter terhadap Sabtu (20/2/2021).Pantauan jurnalis KompasTV, Abel Insani, sampai pukul 08.40 WIB, genangan tetap keluar di Jalan TB Simatupang, tepatnya di depan SPBU TB Simatupang yang terletak di sebelah ruas jalur tol.”Genangan air yang memadai tinggi sehingga tidak dapat dilewati kendaraan roda dua dan empat,” kata Abel, dikutip berasal dari Kompas TV, Sabtu. Air udah menggenangi kawasan berikut sejak Sabtu dini hari. Hingga pukul 08.45 WIB, belum tersedia petugas yang ada di wilayah kejadian.

    Sementara, warga merasa menertibkan pengguna jalur yang hendak melintasi kawasan tersebut. “Warga bersama menertibkan atau membantu pengguna jalur untuk dapat melewati jalur atau mengarahkan ke jalur lain,” menyadari Abel. Selain itu, tersedia juga sebagian kendaraan yang mogok dikarenakan terendam air.

    “Ada kendaraan bermuatan besar yang terjebak di Jalan TB Simatupang sejak dini hari,” menyadari Abel.
    Sementara itu, kemacetan sepanjang dua sampai tiga kilometer terpantau di Jalan Tol TB Simatupang, berasal dari arah Lenteng Agung menuju Ragunan.

Kini seluruh pengendara terjebak macet sejak pagi tadi, pengakuan ini diucapkan oleh salah seorang warga yang terjebak kemacetan karena banjir di Jakarta hari ini.

Lihat Video : Banjir di Beberapa Kota Jakarta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed