asal usul jamu nyonya meneer

Asal Usul Jamu Nyonya Meneer

Diposting pada

Asal usul Jamu Nyonya Meneer, tak lepas dari kiprah seseorang perempuan bernama Lauw Ping Nio, kelahiran Sidoarjo 1895. Lauw Ping merintis industri jamu Jawa berbekal dari wawasan meramu jamu yang diterima dari keluarganya. Bersamaan berjalannya durasi, bersama sebagian industri jamu semacam Sido Timbul, Air Mantjur serta Jamu Djago, Njonja Meneer yang mulai berdiri semenjak 1919 ini menjelma jadi salah satu pabrik jamu terbanyak di Indonesia.

Bagi sebagian memo, pabrik farmasi Nyonya Meneer sendiri mulai sah berdiri pada tahun 1919. Tidak hanya mendirikan pabrik jamu, Nyonya Meneer pula membuka gerai obat yang amat diketahui masyarakat kota Semarang. Industri Jamu Nyonya Meneer kian bertumbuh cepat dikala kanak- kanak Nyonya Meneer beranjak berusia serta mulai menolong upaya jamu orang tuanya.

Dekat tahun 1940- an, Nyonya Meneer mulai menjalar ke Ibukota Jakarta. Dengan dorongan seseorang anak perempuannya, Nyonya Meneer lalu mendirikan agen gerai Jamu Nyonya Meneer di Jalur Juanda, Pasar Terkini Jakarta Pusat. Semenjak itu, pabrik jamu yang dirintis Nyonya Meneer bertumbuh amat cepat.

Lauw Ping Nio sendiri diucap Nnyonya Meneer sebab kabarnya dikala memiliki bunda dari Lauw Ping mengidam makan Bekatul, ialah sisa hasil penumbukan antah yang wujudnya kecil. Bekatul sendiri merupakan bagian( akhir) beras yang tidak hanya dapat dikonsumsi pula lazim digunakan buat pakan peliharaan semacam bebek serta ayam. Dikala Lau Ping Nio lahir, orang tuanya lalu memanggilnya Bekatul( Meneer dalam pelafalan Belanda).

Meneer menikah dengan laki- laki asal Surabaya bernama Ong Bian Wan yang setelah itu berdiam di Semarang, Jawa Tengah. Pada dini era 20, suami Meneer sakit serta susah membaik. Setelah itu Meneer meracik jamu buat setelah itu diserahkan pada suaminya, serta nyatanya jamu racikannya ampuh.

Dari dikala itu terlihatlah kemampuan dari Meneer dalam meracik jamu yang diturunkan oleh orang tuanya dulu, serta dengan berjalannya durasi, Meneer terus menjadi bergairah dalam mempertajam ilmu meracik itu. Tidak sedikit dari warga dekat, orang sebelah, pula keluarga yang sakit, sudah tertolong dengan terdapatnya jamu ramuan dari Meneer ini.

Itulah Asal Usul Jamu Nyonya Meneer yang kini sudah tidak didengar lagi oleh kita sebagai masyarakat dan tidak pernah merasakannya khasiat jamu tradisional Nyonya Meneer.