oleh

Anies Baswedan Temui Warga Cipinang

-NEWS-7 views

Anies Baswedan Temui Warga Cipinang melayu yang kali ini bebas dari banjir, walaupun tingkat hujan makin meninggi pada bulan ini. Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke RW 04 kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur terhadap Selasa malam. Kunjungan selanjutnya untuk menyaksikan suasana perkampungan yang kini bebas banjir padahal terhadap 2017 dulu banjir sampai tiga meter.

Kunjungan itu diunggah Anies Baswedan terhadap account Instragram pribadinya @aniesbaswedan. Anies mengunggah suasana lingkungan RW 04 Cipinang Melayu terhadap musim hujan 2017 dan 2021.

“Foto pertama adalah ketika pertama kali berjumpa bersama dengan Ibu Rumiati, warga RW 04 Cipinang Melayu terhadap era kampanye 2017. Bahagia sekali tadi malam bisa berjumpa kembali bersama dengan beliau di dalam suasana sehat dan tidak berbasah-basahan,” ujar Anies di account Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Rabu, 10 Februari 2021.

Anies menyebutkan keliru satu penyebab kawasan selanjutnya tak diterjang banjir walau hujan bersama dengan intensitas tinggi melanda Jakarta, dikarenakan terlaksananya program Gerebek Lumpur. Melalui program itu, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan 15 ekskavator di tanggul-tanggul dekat aliran Kali Sunter dan memicu sodetan, agar debit air yang mengalir di Kali Sunter jadi lebih terkendali.

“Kami memberi tambahan perhatian dan penanganan menyeluruh dari hulu Kali Sunter yang kerap kali jadi penyebab utama dari luapan air ke kampung tersebut,” ujar Anies dalam pers berita hari ini.

Selain itu, Anies menyebutkan kawasan itu jadi bebas banjir sehabis pihaknya mengeruk dan buat persiapan sodetan tertentu di Waduk Pondok Ranggon dan Waduk Tiu, yang aliran airnya turut lewat perkampungan tersebut. Dengan terdapatnya sodetan tertentu tersebut, Anies mengklaim air di Kali Sunter bisa dialirkan dan ditahan di waduk khususnya dulu, agar volume debit yang dialirkan bisa lebih terkontrol.

Meskipun demikian, Anies menyebutkan pihaknya tetap miliki pekerjaan tempat tinggal untuk meyakinkan banjir tak kembali melanda Cipinang Melayu. Salah satu PR selanjutnya adalah menuntaskan pembuatan tanggul di selama RW 04 dan 03 Cipinang Melayu, dikarenakan kini tanggul selanjutnya tetap berbentuk temporer.

Anies Baswedan Temui Warga Cipinang Melayu terbebas dari banjir ternyata bukan cuma terhadap musim hujan th. ini. Menurut catatan berita terbaru hari ini, terhadap Oktober 2020 kawasan itu termasuk tak dilanda banjir walau hujan bersama dengan intensitas tinggi melanda Jakarta.

Sebelum sodetan Kali Sunter rampung, RW03 dan RW04 Cipinang Melayu merupakan kawasan langganan banjir saat musim hujan. Pada 25 Februari 2020, tempat tinggal penduduk di dua RW itu sempat terendam banjir sampai setinggi atap.

Namun sejak awal Oktober, banjir Cipinang Melayu tak kembali terdengar. Kendati Tinggi Muka Air (TMA) hulu Kali Sunter sempat capai 190 sentimeter atau siaga 2, kawasan itu bebas dari banjir seperti yang dikatakan Anies Baswedan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed